Ini Profil Nathan Tjoe-A-On, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

 

Nathan Tjoe-A-On, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: Internet)

JAKARTA | Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On tengah menjadi sorotan publik usai tampil maksimal saat melawan Irak dalam laga perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis, 2 Mei 2024 malam.

Nathan dipuji karena kelihaiannya menciptakan sejumlah momen indah melalui kaki sang maestro muda ini.

Salah satu momen penting yang diciptakan pemain naturalisasi ini adalah saat dirinya berhasil menyelamatkan gawang Timnas Indonesia dengan membuang bola tepat di garis gawang saat Ernando Ari tak tepat keluar dari sarangnya.
 
Absennya sang kapten Rizky Ridho di barisan belakang Timnas Indonesia U-23 saat melawan Irak, membuat Nathan Tjoe-A-On dijadikan bek tengah oleh pelatih Shin Tae-yong.

Meski Indonesia kalah 1-2 atas Irak, sosok Nathan Tjoe-A-On tetap saja mengundang perhatian.

Pasalnya, ia menjadi sosok pilihan untuk mengisi satu dari tiga pos belakang timnas di laga, padahal posisi asli pemain asal SC Heerenveen bukanlah bek tengah, melainkan bek kiri yang punya daya jelajah tinggi.
 
Namun perubahan posisi bermain rupanya tak membuatnya antipati. Pemain berusia 22 tahun ini membuktikan dirinya adalah sosok yang versatile atau bisa dimainkan di beberapa posisi.
 
Melihat aksi heroiknya di pertandingan, tak heran jika banyak yang menjuluki Nathan sebagai tulang punggung Timnas Indonesia U-23. Bahkan, banyak juga warganet yang menyebutnya sebagai pemain skuad Garuda Muda terbaik.

Siapa Nathan Tjoe-A-On? Berikut profil lengkap Nathan Tjoe-A-On:  

Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain naturalisasi keturunan Indonesia yang lahir di Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2021.

Kakek Nathan merupakan orang asli Indonesia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.
 
Saat usianya 22 tahun, Nathan sudah menorehkan prestasi yang gemilang. Pada karier junior, ia bermain untuk klub VV Nieuwerkerk di tahun 2010-2013. Lalu ia pindah ke Excelsior pada 2013-2019.
 
Beranjak ke karier senior, pria yang memiliki tinggi 182 cm itu kemudian bermain di Excelsior pada 2019-13. Lalu pindah ke Swansea City pada 2023, dan kini dipinjamkan ke klub Heerenveen asal Belanda.

Pada Oktober 2023, Nathan diundang untuk bermain bersama timnas Indonesia melalui naturalisasi.

Ia menyaksikan dan berbincang langsung dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo saat timnas Indonesia menjamu Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Stadion GBK, Jakarta.

Nathan resmi menjalani sumpah WNI pada 11 Maret 2024 lalu. Ia memulai debut pertamanya membela Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama