Ratusan Alumni Universitas Brawijaya Hadiri Acara Halal Bihalal 2024 di Jakarta


Jakarta- Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) menggelar acara halal bihalal yang digelar di Gedung Kementerian PUPR RI, Jakarta, pada Sabtu (4/5/2024). Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, yang bukan alumni UB, turut hadir dan memberikan dukungan serta apresiasi dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy menyampaikan kedekatannya dengan Universitas Brawijaya sejak masa kuliah di Malang pada tahun 70-an. Meskipun bukan alumni UB, Muhadjir Effendy merasa memiliki ikatan emosional yang kuat dengan kampus tersebut karena aktifitasnya sebagai aktivis pers di Malang.

"Saya bukan alumni UB, tetapi memiliki kesan yang sangat dalam dengan UB ini. Ketika saya kuliah di Malang, tahun 70-an, saya kebetulan aktivis pers. Saya lebih banyak ngantornya di UB dari pada di kampus saya. Pangkalan saya di kantor kemahasiswaan dulu," ungkap Muhadjir Effendy.

Muhadjir Effendy juga mendorong agar jaringan alumni UB terus dirawat dan dioptimalkan untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Ia menggarisbawahi kontribusi yang signifikan dari para alumni UB di sektor pemerintahan saat ini.

"Jaringan alumni ini perlu dioptimalkan untuk memberikan persembahan terbaik dari alumni Universitas Brawijaya untuk bangsa ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA UB, M Zainal Fatah, menekankan pentingnya momen halal bihalal ini sebagai sarana untuk mempererat hubungan antar alumni UB dan membangun sinergi dalam rangka memajukan Indonesia.

Kita harus maju bersama-sama, tanpa ada yang tertinggal di belakang," ujarnya.  

Fatah juga menyampaikan komitmen untuk menjadikan IKA UB sebagai wadah bagi para alumni untuk berkreasi, berinovasi, dan mendukung kemajuan almamater serta bangsa Indonesia. Ia juga mengungkapkan rencana untuk lebih menggaet para alumni, khususnya alumni muda, agar mau bergabung dengan IKA UB dan memperluas jejaring dengan sesama alumni.

"Sudah ada banyak kompartemen di IKA UB yang bisa mewadahi minat dan bakat alumni. Tapi nanti kita akan tambah lagi kompartemen riset di IKA UB. Ini sejalan dengan kampus UB yang unggul dalam bidang riset dan inovasi," tambah Fatah.

Acara halal bihalal tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk mantan Menkopolhukam Mahfud MD, Rektor Universitas Brawijaya Prof. Widodo, dan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Brawijaya sekaligus Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI, Mohammad Zainal Fatah, serta ratusan alumni UB dari berbagai daerah.

"Dengan komitmen dan dukungan yang kuat dari para tokoh dan alumni, IKA UB diharapkan dapat terus berkembang dan berperan aktif dalam mendukung kemajuan bangsa melalui kolaborasi dan inovasi yang berkelanjutan," ucapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama